Press Release : Pelni Wisuda 38 Calon Pemimpin Masa Depan

Senin, 14 Mei 2018

Jakarta, 2 Mei 2018- Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2018, PT. Pelayaran Nasional Indonesia  (Persero)-Pelni mewisuda 38 pegawai baru hasil rekrutmen tahun 2017. Setelah melalui program Managemen Trainee (MT) dan orientasi selama 6 bulan, 38 pegawai baru diwisuda oleh Direktur Utama PT. Pelni (Persero) Insan Purwarisya L. Tobing didampingi seluruh direksi PT. Pelni (Persero), Rabu (2/5) di Auditorium Kantor Pusat, Jakarta.

Sejak diterima di PT. Pelni (Persero) 6 bulan lalu, para calon pegawai mengikuti program managemen trainee dan orientasi calon pegawai baru tahun 2017. Diklat orientasi dibagi menjadi 2, yaitu MT untuk Sarjana dan Diklat Orientasi untuk pegawai D-III. Program MT diikuti 26 orang terdiri 8 wanita dan 18 pria dengan latar belakang akuntansi keuangan 13 orang, teknik perkapalan 6 orang, managemen logistik 2 orang, ketatalaksanaan pelayaran niaga 1 orang, kepariwisataan 1 orang, managemen 2 orang dan teknik industri 1 orang.

Sedangkan untuk program orientasi D-III sebanyak 12 orang terdiri 5 wanita  7 pria. Latar belakang pendidikan mereka terdiri akuntansi keuangan 5 orang, armada teknik 5 orang dan pelayanan jasa 2 orang. Melalui program MT dan orientasi secara berjenjang, Pelni telah menyiapkan para calon pemimpin masa depan. “Perusahaan perlu darah segar untuk membangun semangat baru bergabung bersama rekan-rekan Pelni yang sedang melakukan transformasi,” kata Direktur SDM & Umum Ganefi dalam laporanya.

Untuk membentuk para calon pemimpin masa depan di perusahaan jasa transportasi laut ini, perseroan  telah melakukan rekrutmen secara terbuka, transparan dan jujur  melibatkan lembaga independen, sehingga diperoleh calon pegawai berkualitas baik di atas rata-rata. Hal ini menjadi kebijakan direksi dalam mempersiapkan Pelni menjadi perusahaan pelayaran yang unggul.

Setelah direkrut, para calon pegawai  harus mengikuti tahapan pembentukan karakter, melalaui kesemaptaan dan kedisiplinan secara militer sejak tangga 12 sd – 23 Desember 2017 di Rindam Jaya,  diikuti seluruh peserta baik MT maupun D-III. Para peserta diberikan materi kepemimpinan, kerjasama, kedisplinan dan prakarsa.

Tidak berhenti di Rindam, peserta juga  mendapatkan pembekalan pengenalan perusahaan di Hotel Bahtera, Cipayung dari tangga 4 sd 17 Januari 2018. Para peserta dibekali pengetahuan tentang profile perusahaan, proses bisnis perusahaan, alat produksi perusahaan dan berbagai keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan tugas-tugas di perusahaan.

Setelah mengenal profil perusahaan, para calon pemimpin masa depan ini juga dibekali Diklat pengayaan kompetensi sejak 18 Januari hingga 2 Februari 2018,  dengan materi table manner, marketing & sales, public speaking, writing sklill & presentasion skill.

 

Dengan serangkaian kegiatan Diklat  para calon pegawai ditempatkan di Kantor Pusat PT. Pelni (Persero) Jakarta, sejak 18 Januari sd 12 Maret 2018. Mereka juga mengikuti Diklat pengenalan alat produksi di KM. Kelud dari Tanjung Priok-Batam-Tanjung Balai-Belawan sejak 23 sd 29 Maret 2018 diikuti seluruh pegawai MT dan D-III. Mereka dibekali pula Diklat Teknis terkait aplikasi ticketing, BL, EBS Keuangan dari tanggal 2 sd 6 April 2018.

Diklat dilanjutkan dengan presentasi tugas akhir di kantor pusat pada 23 sd 27 April 2018. Evaluasi dan seluruh calon pegawai dinyatakan lulus menjadi calon pegawai organik PT. Pelni (Persero). Mereka akan ditempatkan di daerah di kantor cabang yang tersebar di pelosok Nusantara  untuk pengenalan dan melaksanakan tugas di seluruh Indonesia.

          Dalam wisuda  tersebut, diumumkan peserta terbaik,  untuk tingkat D-III terbaik pertama Novriyana Fitri nilai akhir 9, 21. Terbaik kedua Kurnia Nur Asriningsih, nilai akhir 9,06 dan terbaik ketiga Nafisa Latifatul Azmi, dengan nilai 8,99. Sementera terbaik dari MT, Sarjana terbaik pertama M. Yasir, nilai akhir 8, 72, terbaik kedua Ricky Setiawan, nilai akhir 8,64 dan terbaik ketiga Dhear Prima Putri Ayu, nilai akhir 8, 46. Para pegawai diambil sumpah oleh petugas dari Kementerian Agama DKI Jakarta. ***

Share this article:


Baca Juga

Jadwal & Reservasi Kapal Penumpang

Info Jadwal & Reservasi

Berdasarkan Asal-Tujuan?
Klik di sini

Ini Kantor Kami!