HPN 2019 Jawa Timur PWI Gunakan KM. Dorolonda Untuk Seminar Tol Laut

Jumat, 05 April 2019

Surabaya,  04 Februari 2019 –  Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019 di Jawa Timur  menjadi momentum penting bagi PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) – PELNI di mana salah satu kapal terbaik PELNI, KM. Dorolonda terpilih menjadi sarana menggelar seminar HPN bertajuk  Tol Laut dengan tema “Melanjutkan Konektivitas Membuka Jalur Logistik Dan Menekan Disparitas Harga Barang”  saat kapal sandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya Senin (4/2-2019).

 Direktur Utama PT PELNI (Persero) Insan Purwarisya L. Tobing  mengatakan, Seminar HPN di atas kapal (on board) dipaparkan  2 menteri, 1 staf ahli menteri dan 1 direktur dengan  150 peserta dari  PWI, pelaku Tol Laut,  dan undangan lainnya. Keempat menteri yang hadir  terdiri Menteri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri, Menteri Perdagangan  Enggartiarso Lukito, Kementerian Pertanian diwakili Direktur Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan Kementerian Pertanian Fini Murfiani dan Kementerian KKP diwakili Staf Ahli Menteri Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut Aryo Hanggoro.

KM. Dorolonda, lanjut Insan Purwarisya  merupakan kapal PELNI tipe 2000 pax berkapasitas 2000 orang. Kapal buatan Galayangan Jos L. Mayer, Jerman  tahun 2001  ini memiliki  panjang 126 dan lebar 24 meter  ini dilengkapi kamar-kamar terdiri  6 kamar kelas spesial dengan kapaisitas 12 orang, kelas 1 A 18 kamar berkapasitas 36 orang, kelas 1 B 14 kamar dengan kapasitas 56 orang dan 2026 tempat tidur kelas ekonomi. “Kapal ini sangat layak untuk menggelar seminar,” terang Insan.

KM. Doronlonda berhomebase  di Bitung (Sulawesi Utara), dari Bitung kapal akan mulai berlayar ke Ternate (Maluku Utara) -Ambon-Namlea (Maluku)-Baubau (Sulawesi Tenggara) –Makasar (Sulawesi Selatan) –Surabaya (Jawa Timur) -Tanjung Priok (Jakarta) dan Kijang (Tanjung Pinang-Kepulauan Riau), kapal ini menempuh 14 hari layar dalam 1 voyage pelayanan.  

Dalam kesempatan tersebut, PT PELNI (Persero) juga memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa life jacket untuk mendukung keselamatan pelayaran rakyat untuk wilayah Probolinggo, Jawa Timur sebanyak 500 unit. Sebelumnya PELNI telah membantu CSR life jacket untuk pelayaran rakyat di daerah Makasar, Ambon, Bitung, Balikpapan, Bima dan Surabaya sebanyak 1.500 unit.

Penyerahan simbolis dilakukan oleh Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri Perdagangan Enggartiarso Lukito  kepada 2 orang  perwakilan Pelra dari Probolinggo, Jawa Timur dengan memasangkan life jacket.

Menhub Resmikan Operasional KM. Sabuk Nusantara 92

Sebelum dilakukan  Seminar Tol Laut di KM. Dorolonda, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyerahkan KM. Sabuk Nusantara (Sanus) 92 kepada PT PELNI (Persero) untuk dioperasikan di Jawa Timur. Kapal perintis buatan dalam negeri tahun 2018 ini diserahterimakan dari Kementerian Perhubungan  kepada  PT PELNI (Persero) dan KM. Kendhaga Nusantara 3 kepada PT Djakarta Lloyd.

Direktur Utama PT PELNI (Persero) Insan Purwarisya L. Tobing menyampaikan terima kasih atas penugasan mengoperasikan kapal perintis kepada PELNI sehingga perusahaan dapat melayani masyarakat Jawa Timur. Rute KM. Sabuk Nusanatara 92  dari   Tanjung Perak Surabaya-Masalembo-Keramaian-Masalembo-Kalianget-Sapudi-Kangean-Pagerungan Besar-Sapekan-Tanjung Wangi-Sapekan-Pagerungan Besar-Sapekan-Kangean-Sapudi-Kalianget-Masalembo-Karamaian-Masalembo-Surabaya. ***    

Share this article:


Baca Juga

Jadwal & Reservasi Kapal Penumpang

Info Jadwal & Reservasi

Berdasarkan Asal-Tujuan?
Klik di sini

Ini Kantor Kami!