5 BUMN Sinergi Melakukan Commercial Launching TITAM

Kamis, 29 April 2010

 Lima  BUMN melakukan kerjasama  membentuk  system layanan satu tiket perjalanan dengan berganti moda atau Tiket Terpadu Antar Moda (TITAM). Penandatanganan Kerja Sama (PKS) dilakukan antara PT PELNI, PT Kereta Api, Perum DAMRI dan PT Indonesia Ferry dan PT Telekomunikasi Indonesia di Stasiun Gambir, Jakarta, Jum’at (9/4).

Penandatangan dilakukan oleh masing-masing Direktur dari kelima BUMN yang disaksikan oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono. PKS merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara lima BUMN tentang system Tiket Terpadu Antar Moda, yang berlangsung pada akhir Februari 2010.

Penggunaan sarana transportasi  yang berbeda-beda dalam satu rute perjalanan, membuat masyarakat kerap menghadapi berbagai kesulitan, misalnya harus beberapa kali membeli tiket dan menunggu datangnya angkutan.

Menghadapi keadaan ini, maka Kementerian BUMN memfasilitasi terbentuknya kerja sama layanan bersama pada BUMN transportasi. Tahap awal dilakukan melalui MoU TITAM, kemudian ditindaklnjuti dengan kesepakatan kerjasama, yang ditandatangani hari ini.

Keterlibatan PT PELNI dalam kegiatan karja sama ini, karena  memahami manfaat dari upaya pemerintah dalam  rangka  meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, serta mengefisiensikan waktu dan biaya dalam melakukan reservasi rute perjalanan jarak jauh.

Adanya kesamaan misi perusahaan sebagai alat infrastruktur Negara. Mengusung slogan Menghubungkan Nusantara, Menyatukan Indonesia. Saat ini Pelni telah menyinggahi 92 pelabuhan di 33 Provinsi dengan karekteristik pelabuhan singgah secara multiport serta pemberlakuan system departure control di terminal kapal Penumpang.

Agenda acara dilakukan secara parallel sambil menunggu kedatangan penumpang kereta dari Bandung yang baru tiba di Stasiun Gambir pada Jam 08:30 WIB. Rute perjalanan selanjutnya dipecah menjadi 2 jalur dengan rute sebagai berikut ; Bandung tujuan Palembang dan Bandung tujuan Batam menggunakan KM Kelud yang berkapasitas 2000 penumpang dengan rute Tg. Priok – Batam – Tg. Balai – Belawan.

Pemesanan reservasi single ticketing dapat dilakukan mulai 30 hari sampai 1 hari sebelum keberangkatan, sedangkan untuk pemesanan langsung dapat dilakukan sampai 2 jam sebelum berangkat dan melakukan check in 30 menit sebelum berangkat. Selama masa promosi, tanggal 9 April sampai 8 Juli 2010, penumpang mendapat diskon 10% dan dibebaskan biaya premi asuransi sampai bulan Juli 2010. Pada masa low season, Pelni juga memberikan  diskon sebesar 45% untuk penumpang kelas.

Share this article:


Baca Juga

Jadwal & Reservasi Kapal Penumpang

Info Jadwal & Reservasi

Berdasarkan Asal-Tujuan?
Klik di sini

Ini Kantor Kami!