2. PEDOMAN PERILAKU (CODE OF CONDUCT) PT PELNI (PERSERO)

Jumat, 16 Juni 2017

Perseroan menyusun Pedoman Perilaku (Code of Conduct) yang menjadi acuan perilaku bagi DewanKomisaris, Direksi dan Pegawai Perseroan. Pedoman Perilaku berlaku bagi seluruh Insan PELNI di seluruh tingkat organisasi. Pedomam Perilaku PT PELNI (Persero) telah diperbarui dan disahkan melalui Surat Keputusan Direksi No. 12.29/01/SK.HKO.01/2016 tentang Pedoman Perilaku (Code of Conduct) di Lingkungan PT PELNI (Persero).

Kebijakan Penegakkan Disiplin dan Penanganan Pelanggaran

Seluruh insan PELNI wajib menandatangani Surat Pernyataan Kepatuhan Pedoman Perilaku sebagai wujud komitmen untuk memenuhi Pedoman Perilaku. Penandatanganan Surat Kepatuhan Pedoman perilaku dilakukan secara berkala setiap tahun. Kesekretariatan Perusahaan mendokumetnasikan Surat Pernyataan Kepatuhan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Pedoman Perilaku Perseroan.

Setiap insan PELNI yang mengetahui suatu situasi yang diyakini berpotensi melanggar Pedoman Perilaku harus segera melaporkan kepada atasan langsung atau pimpinan yang lebih tinggi secara tertulis dengan mencantumkan identitas pelapor berdasarkan bukti-bukti yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan serta tidak mengandung unsur fitnah dan kepentingan pribadi. Pelaporan pelanggaran juga dapat dilakukan melalui mekanisme whistleblowing system (WBS) dan email: upg@pelni.co.id.

Perseroan akan melindungi kerahasiaan setiap insan PELNI yang telah melaporkan pelanggaran dan akan segera menindaklanjutinya, kecuali laporannya tidak benar dan kepada pelapor dapat dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Setiap Insan PELNI yang terbukti melakukan pelanggaran terhadap Pedoman Perilaku diberikan sanksi. Pemberian sanksi akan diatur dengan peraturan tersendiri yang ditetapkan sesuai Peraturan Perseroan. Sepanjang tahun 2016 tidak terdapat pelanggaran terhadap Pedoman Perilaku.

Evaluasi Efektivitas Pelaksanaan Etika Perusahaan

Evaluasi terhadap penerapan Pedoman Perilaku dilakukan secara berkala kepada Insan PELNI. Berdasarkan Evaluasi ini diharapkan mampu mendorong dan meningkatkan rasa kepemilikan dari setiap Insan PELNI serta diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dan kemampuan karyawan secara konsisten. Sebagai pedoman yang bersifat dinamis, Pedoman Perilakukan dikaji secara berkala dan berkelanjutan. (Klik di sini untuk unduh dokumen)

Share this article:


Jadwal & Reservasi Kapal Penumpang

Info Jadwal & Reservasi

Berdasarkan Asal-Tujuan?
Klik di sini

Ini Kantor Kami!